RSS

Penerapan Komputer di Bidang Penerbangan

Komputer Berperan Dalam Dunia Penerbangan ? Dan Seberapa Besar Peranannya ?
Sekitar 70-100% komputer memiliki peranan sangat penting dalam bidang penerbangan. Mulai dari system pesawat militer, sipil, hingga keperluan riset, semuanya menggunakan computer.

1.      Peranan Komputer Pada Pesawat

Di dalam pesawat, komputer sudah pasti banyak membantu penerbangan. Contohnya seperti :
Ø Sistem autopilot yang berfungsi mengendalikan pesawat secara otomatis. Pilot Otomatis adalah sistem mekanikal, elektrikal, atau hidrolik yang memandu sebuah kendaraan tanpa campur tangan dari manusia. Umumnya pilot otomatis dihubungkan dengan pesawat, tetapi pilot otomatis juga digunakan di kapal dengan istilah yang sama. Sistem pilot otomatis pertama diciptakan oleh Sperry Corporation tahun 1912. Lawrence Sperry (anak dari penemu ternama Elmer Sperry) mendemonstrasikannya dua tahun kemudian pada 1914 serta membuktikan kredibilitas penemuannya itu dengan menerbangkan sebuah pesawat tanpa disetir olehnya.
Pilot otomatis menghubungkan indikator ketinggian menggunakan giroskop dan kompas magnetik ke rudder, elevator dan aileron. Sistem pilot otomatis tersebut dapat menerbangkan pesawat secara lurus dan rata menurut arah kompas tanpa campur tangan pilot, sehingga mencakup 80% dari keseluruhan beban kerja pilot dalam penerbangan secara umum. Sistem pilot otomatis lurus-dan-rata ini masih umum sekarang ini, lebih murah dan merupakan jenis pilot otomatis yang paling dipercaya. Sistem tersebut juga memiliki tingkat kesalahan terkecil karena kontrolnya yang tidak rumit.
Pada awal 1920-an, tanker Standard Oil J.A Moffet menjadi kapal pertama yang menggunakan pilot otomatis.
Ø Lalu flight data display yang terletak di layar kokpit, itu juga termasuk olahan komputer yang terus menerus mengkoreksi error.
Ø Lalu ada sistem anti tabrakan di udara atau TCAS yang juga menggunakan komputer untuk menghitung kemungkinan terjadinya tabrakan , lalu membunyikan alarm jika sudah berbahaya.
Ø Komposisi udara, kelembaban, atau temperatur kabin pesawat juga dikendalikan menggunakan komputer.
Ø Menghitung ketinggian pesawat.
Ø Mengendalikan panel-panel pesawat seperti keadaan mesin bahan bakar, dan kecepatan.
Ø Radar juga menggunakan sistem komputer.
Radar adalah suatu sistem gelombang elektromagnetik yang berguna untuk mendeteksi, mengukur jarak. Dalam bidang penerbangan radar biasanya terlihat digunakan di menara kontrol bandara yang memakai system Air Traffic Control (ATC). Air Traffic Control merupakan suatu kendali dalam pengaturan lalu lintas udara yang berfungsi untuk mengatur lalu lalang serta kelancaran lalu lintas udara bagi setiap pesawat terbang yang akan lepas landas (take off), terbang di udara, maupun yang akan mendarat (landing). ATC juga berfungsi untuk memberikan layanan bantuan informasi bagi pilot tentang cuaca, situasi dan kondisi bandara yang dituju.
  
Gambar di samping adalah contoh Radar.











2.      Peranan Komputer Pada Bandara

Di setiap airport atau bandara, kita tahu ada ticketing office untuk memesan tiket. Itu saja sudah terhubung dengan CRS (Computer Reservation Systems) untuk booking tiketnya ke database PNR (Passenger Name Record) suatu airline.
Selanjutnya dengan adanya teknologi 2D barcode untuk boarding pass,  komputer juga berperan untuk mengatur lalu lintas penumpang di bandara, dengan mencocokkan barcode boarding pass dengan data penerbangan.
Contoh lainnya seperti :
Ø  Pengaturan jadwal penerbangan. Semua data penerbangan direkam pada komputer yang biasanya terletak di kantor pusat. Tiap-tiap cabang dapat menanyakan jadwal penerbangan dan kursi-kursi yang masih kosong untuk suatu jadwal penerbangan tertentu. Komputer-komputer cabang dihubungkan dengan komputer di kantor pusat lewat alat telekomunikasi. Dengan bantuan komputer, pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan akan lebih cepat dan tepat.
Ø  E-Ticketing, atau penjualan tiket online, merupakan salah satu cara bagi orang untuk membeli tiket untuk acara lokal. Semua informasi mengenai electronic ticketing disimpan secara digital dalam sistem komputer milik perusahaan penerbangan. 
 EE-ticketing adalah peluang untuk meminimalkan biaya dan mengoptimalkan kenyamanan penumpang. E-ticketing mengurangi biaya proses tiket, menghilangkan fomulir kertas dan meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen perjalanan dalam membuat perubahan-perubahan dalam jadwal perjalanan. Sistem E-ticketing ini memudahkan orang untuk membeli tiket untuk berbagai acara semua dari satu situs internet. Tiket dapat dibeli dengan cara ini dengan uang tunai, cek atau kredit / kartu debit. E-ticketing ini juga dapat mengurangi resiko ketinggalannya ticket, hilangnya ticket atau rusak nya ticket.
Manfaat dari system E-ticketing :
  1. Mengurangi biaya yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket tiket ke pembeli. Menghilangkan atau mengurangi memerlukan tiket untuk stok, amplop dan pos.
  2. Mengurangi tenaga kerja yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket.
  3. E-Tiket selamat dan aman. Barcode validasi menghilangkan kemungkinan palsu dan duplikat tiket.
  4. Pembeli senang menjadi mampu mencetak tiket mereka segera. Tidak perlu menunggu surat atau menunggu di baris di acara tersebut. Pelanggan dapat mencetak tiket elektronik mereka segera setelah mereka membelinya. Hal ini membuat e-tiket yang ideal untuk hadiah menit terakhir atau menit terakhir keputusan.
  5. E-Tiket menyediakan ruang untuk tambahan informasi seperti peta jalan, arah, dan lain informasi pelanggan Anda mungkin perlu tahu.
  6. E-Tiket menyediakan kemampuan unik periklanan. Meningkatkan pendapatan perusahaan anda dengan menawarkan ruang iklan pada web Anda tiket.
Ø  CCTV Control Room
Untuk memantau dan memonitor keamanan digunakan CCTV yang tersebar diberbagai posisi sehingga security bandara dengan mudah mengontrolnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar