RSS

Keyboard


      Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
       Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.
Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alphabet) A – Z, a – z, angka (numeric) 0 – 9, tombol dan karakter khusus seperti : ‘ ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = < > / , . ? : ; ” ‘ \ |, tombol fungsi (F1 – F12), serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.
Keyboard  yang  digunakan  sekarang  ini  adalah  jenis  QWERTY,  pada tahun  1973,  keyboard  ini  diresmikan  sebagai  keyboard  standar  ISO (International Standard Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini  berjumlah  104  tuts.  Keyboard  sekarang  yang  kita  kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Keyboard  jenis QWERTY bentuknya  ini mirip  seperti  tuts  pada mesin  tik.  Keyboard  QWERTY memiliki  empat  bagian yaitu :
1.      Typewriter key
 Tombol  ini merupakan  tombol  utama  dalam  input.  Tombol  ini  sama dengan  tuts  pada mesin  tik yang  terdiri  atas  alphabet  dan  tombol lainnya sebagaimana berikut :
o   Back Space ---> Tombol  ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter di kiri cursor.
o   Caps  Lock --->  Bila  tombol  ini  ditekan,  maka  lampu  indikator  caps lock  akan menyala,  hal  ini menunjukkan  bahwa  huruf  yang  diketik akan  menjadi  huruf  besar  atau  Kapital,  bila  lampu  indicator  caps lock mati, maka huruf akan menjadi huruf kecil.
o   Delete--->  Tombol  ini  berfungsi  untuk menghapus  1  karakter  pada posisi cursor.
o   Esc---> Tombol  ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
o   End-->Tombol  ini  berfungsi  untuk memindahkan  cursor  ke  akhir baris/halaman/ lembar kerja.
o   Enter--->Tombol  ini  berfungsi  untuk  berpindah  ke  baris  baru  atau untuk melakukan suatu proses perintah.
o   Home --->Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar.
o   Insert --->Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
o   Page Up --->  Tombol  ini berfungsi untuk meggerakan  cursor  1  layar ke atas.
o   Page Down --->  Tombol  ini  berfungsi  untuk Menggerakkan  cursor  1 layar ke bawah.
o   Tab --> Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2.      Numeric key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. Tombol ini terdiri atas angka  dan  arrow  key.  Jika  lampu  indikator  num  lock menyala maka tombol  ini  berfungsi  sebagai  angka.  Jika  lampu  indikator  num  lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3.      Function key
Tombol  ini  terletak  pada  baris  paling  atas,  tombol fungsi  ini  ini  terdiri  dari  F1  s/d  F12.  Fungsi  tombol  ini berbeda-beda  tergantung  dari  program  komputer yang digunakan
4.      Special function key.
Tombol  ini  terdiri  atas  tombol  Ctrl,  Shift,  dan  Alt. Tombol  akan  mempunyai  fungsi  bila  ditekan  secara bersamaan  dengan  tombol  lainnya.  Misalnya,  untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key,  untuk menggerakan  kursor menekan  bersamaan ctrl dan arrow key.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar